Senin, 16 November 2015

Relativitas Kebahagiaan dari sebuah Novel Ilmiah


Hector And The Search For Happiness


Novel ini merupakan novel terjemahan yang mungkin saya telat untuk berkenalan dengan nya. Karena novel ini sudah diterbitkan pada tahun 2002 di Negara asalnya, selain itu novel ini juga sudah di filmkan dengan judul yang sama, dan tokoh utamanya adalah simon pegg (tokoh yang sama berperan dalam film mission impossible). Lain halnya dengan filmnya, izin translate ke Bahasa Indonesia baru didapatkan penerbit mizan di bulan November 2015. Penerbit mizan tetap mempertahankan keaslian judulnya yang ternyata judul tersebut sudah di terjemahkan juga, karena judul aslinya adalah Le Voyage d’Hector ou la recherché du Bonheur

Dalam novel ini saya mencoba menggambarkan makna kebahagiaan dari sudut pandang seorang psikiater (ahli kejiwaan). Profesi tersebut sangat kental dengan pekerjaan memberikan konsultasi atau mungkin di Indonesia sendiri adalah seorang dokter yang tugasnya menyembuhkan ketidakwarasan orang-orang. 

Bermula ketika tokoh yang penulis angkat bernama Hector merupakan seorang psikiater yang banyak memiliki pasien, silih berganti berdatangan pasien yang ingin berkonsultasi dengannya, hal tersebut terjadi dikarenakan ternyata ada metode yang berbeda yang diberikan oleh hector untuk memberikan konsultasi kepada pasiennya. Metode tersebut sangat berbeda ketika mereka berkonsultasi dengan psikiater lainnya.

Dalam hal karier juga sama saja : mereka menginginkan pekerjaan yang sangat penting, tetapi jenis pekerjaan yang bisa memberi mereka kebebasan untuk ‘mengaktualisasikan diri’.(hal.13)

Apakah pergi berlibur bersama tidak lebih penting dibandingkan menghadiri sekian banyak rapat demi menentukan nama sebuah pil baru? (hal.19)

Banyak pertanyaan-pertanyaan pada novel ini yang memberikan sebuah pengalaman imaji sendiri bagi para pembacanya, sangat disayangkan saya membaca novel ini setelah ternyata novel ini sudah di buatkan filmnya. Novel ini juga merupakan sebuah khasanah syahdu dalam menjalin dialog bersama orang sekitar.

Kita harus berhati-hati ketika bertanya kepada orang apakah dia merasa bahagia. Itu adalah sebuah pertanyaan yang biasa membuat mereka teramat sedih. (hal. 22)

Balutan yang sungguh menawan dari penulis dengan menceritakan petualang hector dalam mencari sebuah makna kebahagiaan, membawa para pembaca untuk melihat dunia, melihat berbagai macam karakter orang, berbagai pola dan tingkah manusia di berbagai belahan dunia. Seakan pembaca tidak sadar bahwa pembaca sedang membaca plot-plot dari sebuah penelitian ilmiah tentang psikologis kejiwaan, yaitu dengan dasar masalah mencari sebuah kebahagiaan.

Dengan membentuk tokoh clara yang gila kerja, charles dengan kenyamanannya dalam menikmati kelas penerbangan, eduardo yang ternyata memiliki bisnis memberikan kebahagiaan semu bagi banyak orang. Tokoh Ying Li, yang sampai saya selesai membaca masih membayangkan kejadian yang terjadi antara hector dan Ying Li, pergulatan perasaan hector dan bagaimana seorang teman dekat hector di negara china memberikan jalan menuju kejadian itu.
Tokoh Ying Li dalam Film
Penulis coba memplot hasil penelitian-penelitian tersebut dengan berbagai macam quote yang coba Hector catat dalam buku catatannya, berikut isi dari buku catatan Hector :
#1 Membuat perbandingan bisa merusak kebahagiaan.
#2 Kebahagiaan sering kali datang di saat-saat yang paling tidak terduga
#3 Banyak orang yang melihat kebahagiaan hanya berada di masa depan
#4 Banyak orang mengira bahwa kebahagiaan itu berasal dari kemampuan mendapatkan kekuasaan lebih besar atau uang lebih banyak.
#5 Terkadang kebahagiaan itu adalah tidak mengetahui seluruh kenyataan yang ada.
#6 Kebahagiaan adalah sebuah perjalanan jauh di pegunungan yang indah dan asing.
#7 Memikirkan kebahagiaan sebagai sebuah tujuan merupakan kekeliruan.
#8 Kebahagiaan adalah kebersamaan dengan orang-orang yang dicintai
#8b Ketidakbahagiaan adalah terpisahkan dari orang-orang yang dicintai
#9 Kebahagiaan adalah mengetahui keluarga tidak kekurangan apapun
#10 Kebahagiaan adalah melakukan pekerjan yang kita senangi
#11 kebahagiaan adalah memiliki rumah dan kebun sendiri
#12 Lebih sulit untuk merasa bahagia di sebuah Negara yang dipimpin oleh orang-orang jahat
#13 Kebahagiaan adalah merasa berguna bagi orang lain
#14 Kebahagiaan adalah dicintai karena diri kita apa adanya
Observasi : Orang-orang lebih berbaik hati pada anak yang tersenyum (sangat penting)
#15 Kebahagiaan hadir ketika kita merasa benar-benar hidup
#16 Kebahagiaan adalah mengetahui cara merayakan sesuatu
Pertanyaan : Apakah kebahagiaan hanyalah sebuah reaksi kimia di dalam otak?
#17 Kebahagiaan adalah peduli terhadap kebahagiaan orang-orang yang kita cintai
#18 Kebahagiaan bisa berarti kebebasan untuk mencintai lebih dari satu wanita pada saat bersamaan
#19 Matahari dan laut membuat semua orang bahagia
#20 Kebahagiaan adalah cara pandang terhadap sesuatu
#21 Persaingan meracuni kebahagiaan
#22 Wanita lebih peduli untuk membuat orang lain bahagia dibandingkan pria
#23 Kebahagiaan berarti memastikan bahwa orang-orang yang berada di sekeliling kita bahagia?

Sekelumit catatan tersebut merupakan sebuah hasil penelitian ilmiah psikologis, dengan ditambahkan bumbu Hector bertemu dengan profesor yang banyak meneliti tentang persoalan kebahagiaan. Hal ini lah yang menjadi sebuah cerita psikologis bagi para pembacannya sendiri, sehingga di akhir cerita pembaca pasti memiliki pengalaman imaji tersendiri tentang makna bahagia. Karena sangat prular sekali dibahas dalam novel ini bahwa makna bahagia itu datang dari diri sendiri, sehingga saya kembali bertanya setelah membaca novel, apa sebenarnya makna kebahagiaan bagi saya sendiri?

Judul : Hector and the search for Happiness
Penulis : Francois Lelord
Diterjemahkan oleh : Gusti Nyoman Ayu Sukerti
Penerbit : Noura Books
Tahun Terbit : November 2015
Kolasi : vii+263 page


1 komentar:

  1. Keren, kirim linknya ke akun twitter @NouraBooks & @MizanMediaUtama ya! ;)

    BalasHapus

semoga menjadi sesosok inspirasi dalam hidup anda

WARNING !!

PLAGIAT ADALAH TINDAKAN YANG BISA MENDAPATKAN SANKSI BACA SENDIRI UU RI No 19 TAHUN 2002 BAB XIII Ketentuan Pidana Pasal 72, APABILA MAU MENGOPI-PASTE TULISAN DISINI GUNAKAN SITASI YANG BAIK DAN BENAR